Friday, May 18, 2012

Dee, Bwa Bwei

"Are your family still traditional Chinese?"
Kalimat itu terlontar dari salah salah teman keturunan Filipina. Kalimat sederhana tapi membuat Dee tertegun sebentar, "Apa itu chinese tradisional? Apa Dee termasuk? Apa yang menjadikan seseorang itu tradisional atau modern?", memang dasar tukang pikir, kelamaan mikirin jawaban di otak daripada menjawabnya.

"Hmm.. What you mean with the traditional means for? I don't know when the chinese be called as traditional or modern", kalimat itu terucap dan dalam hati masih berpikir, gimana sih seseorang dikatakan masih tradisional atau modern??

"Traditional chinese usually know about the tradition, do you know BWA BWEI?, I wanna to try it"

"Yes, I know bwa bwei", kemudian terjadi perbincangan panjang lainnya, tapi potongan percakapannya cukup sampai disini aja yah.

Kembali soal traditional chinese atau modern chinese, menurut Dee pribadi, Dee juga tidak tahu kapan seseorang disebutkan traditional chinese, atau modern chinese. Modern chinese katanya diidentikkan dengan orang Cina yang sudah tidak memegang tradisi, udah tidak tahu tradisi apapun tentang kebudayaan Cina, dan sudah menanggalkan atribut yang berhubungan dengan chinese tetapi dia masih keturunan chinese. Sedangkan traditional chinese diidentikkan dengan keturunan chinese yang masih memegang kebudayaan chinese, mengerti dan selalu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai aspek kehidupan.

Menurut Dee pribadi, analagi itu tidak sepenuhnya tepat tapi ada benarnya. Dee sendiri keturunan Chinese, tahu beberapa budaya Chinese, tapi tidak melakukan budaya chinese, jadi termasuk dalam kategori yang mana? Bingung juga kalo akan dikategorikan. Menurut Dee kembali, bila seseorang keturunan Chinese dan tidak tahu sama sekali kebudayaan dan apapun yang berhubungan dengan chinese, s/he is not a chinese anymore. Soal masih keturunan dan berperawakan chinese, kita menjadi manusia seutuhnya bukan dari perawakan, tapi karena isi otak. Sorry buat yang tersinggung, just my opinion. CMIIW.

Ngomongin soal Bwa Bwei (擲筊), ini merupakan salah satu tradisi chinese sebagai ramalan sederhana, untuk menanyakan kepada dewa apakah kebijakan atau keputusan yang akan diambil nanti tepat atau tidak. Pertanyaan biasanya tentang keluarga, keuangan, kesehatan, karir dan love. Biasanya orang tua akan melakukan bwa bwei ketika anaknya akan menikah, bertanya kepada para dewa apakah calon menantunya sudah tepat atau belum, apakah pacar anaknya akan menjadi suaminya atau tidak, apa sakit yang diderita akan sembuh atau tidak, apakah keputusan yang diambil merugikan atau tidak. Berbagai pertanyaan bisa ditanyakan, sesuai dengan keinginan kita.

Bwa Bwei dilakukan dengan melempar bwei, bwei terbuat dari kayu berbentuk bulan sabit biasanya berwarna merah atau cokelat. Kedua bwei ditempelkan di dada dengan sikap anjali, kemudian berdoa atau menyatakan niat dalam hati, setelah itu bwei dilemparkan untuk mengetahui apakah dewa akan menyetujui atau tidak.

Bwa Bwei (擲筊)

Selain itu, bwa bwei sering digunakan setelah melakukan Tiew Wen Chiam, yaitu  fortune sticks yang biasa di-shake hingga satu buah stick keluar dan berdasarkan simbol atau nomor pada stick, kemudian akan diambil satu ramalan/renungan dari rak ramalan, dan dikonsultasikan pada seorang 'guru/sifu' tentang ramalan tersebut. Biasanya setelah mendengar nasehat atau arahan dari sifu, dilanjutkan dengan Bwa Bwei untuk menanyakan atau meminta izin kepada para dewa apakah itu patut dilakukan, atau benar adanya.

Wen Chiam, fortune stick

Pertanyaan dari Bwa Bwei biasanya berupa Yes No Question dengan jawaban iya atau tidak. Bila kedua bwei tertutup artinya permintaan tidak disetujui/ditotal dianggap sebagai No. Bila kedua bwei terbuka diartikan sebagai dewa tertawa terhadap permintaan atau pertanyaan Anda. Untuk keputusan yang disetujui, bwei harus satu terbuka dan satu tertutup. Dengan teori probabilitas, kemungkinan jawaban Yes atau No adalah 50:50, so just your luck~! :)

No

Laughing

Yes

Boleh percaya atau tidak, tetapi ini adalah satu satu tradisi chinese yang sudah ada sejak dahulu. So, ingin mengetahui peruntungan Anda sekarang? Bwa Bwei mungkin bisa menjadi pilihan, try your luck with bwa bwei.




No comments: