Monday, February 6, 2012

Dee, Day trip to Tioman Island

Banyak teman yang bertanya kepada Dee, kenapa tidak pernah menulis tentang travelling article. Sebenarnya keinginan itu ada untuk share dengan para reader, tapi karena waktu yang tidak menginzinkan dan terdapat kekurangan soal hal mengingat nama daerah, seringkali artikel yang setengah jadi itu batal di publish karena tidak terjaga kredibilitasnya. Yah sebagai Virgo yang bergolongan darah B, haram hukumnya untuk tidak menjadi perfeksionis :p

Buat sebagian warga Indonesia, negara Malaysia akan membuat mood menjadi jelek. Tapi bagi Dee, Malaysia pernah menjadi negara nomor 2! Yeaaah I Love MalaysiaStop being racist, apapun keadaan politik yang terjadi, apapun perselisihan yang ada tidak menjadi alasan kita bersikap arogan atau antipati. Tidak nasionalis? I don't think so. Sikap nasionalis tidak harus ditunjukkan dengan membenci negara lain atau berbuat rasis terhadap negara lain, apapun isu politik yang beredar bukan alasan juga untuk memupuk benih permusuhan. *loh kok jadi ceramah begini?!

Pada kesempatan kali ini, Dee mau share tentang kunjungan beberapa waktu lalu (sudah cukup lama sih). Setelah perjalanan ke gugusan pulau di Mersing, perjalanan di lanjutkan ke Tioman Island. Dari pulau besar, kembali ke Mersing dan dilanjutkan dengan perjalanan kapal sekitar 2 jam ke Tioman Island dengan harga tiket RM 35/pax. Kabarnya untuk mencapai Tioman ada beberapa alternatif, tapi karena udah di Mersing, alternatif terbaik adalah naik kapal. Untuk dari KL/Singapore bisa lewat jalur darat, Dee ga tau persisnya berapa jam, tapi kayaknya perjalanan bakalan agak berat. Bisa juga dengan pesawat, tapi Dee juga ga taw jadwal flight pesawat kecil exclusive tersebut. Hanya mengumpulkan info dari Johor ke Mersing then dilanjutkan lagi dengan kapal ke Tioman Island. Dengan informasi seadanya dan modal nekat perjalanan pun dimulai.

Setelah terombang ambing dilaur selama di laut dengan beautiful scenery, akhirnya kita pun tiba di Tioman Island dengan selamat. Satu kata WAH! Pasir putih bersih, laut bersih, mangroove terawat dan tentunya SEPI! Yeaaay! Entah kenapa cenderung sepi, padahal Tioman merupakan salah satu dive-spot yang oke punya. Tapi kali ini kita hanya akan snorkling aja disini.


Di Tioman kita mendapat penginapan dengan harga RM 200 juga, hampir sama dengan yang ada di pulau Besar. Namun, di Tioman Island ini masih bisa membeli makanan yang dijual oleh penduduk setempat, ada juga restaurant yang menjual makanan dengan rasa original masyarakat laut. Sedikit bumbu dengan rasa original seafood. Yah berasa dikampung lagi! Untuk soal view scenery di Tioman Island, check it out yah :)





How to reach there? SWIM! LOL



Tioman Island merupakan salah satu cagar budaya, disini banyak ditemukan binatang tropis eksotik seperti biawak, kura-kura, monyet hitam berekor panjang cengkok (di kampung Dee dipanggil nya begitu), ada juga sigung, kadal dan binatang-binatang lainnya. Binatang-binatang disini cukup jinak dan bersahabat dengan turis, tentunya jangan melakukan tindakan-tindakan bodoh tentunya.






Terumbu Karang yang telah mati

Terumbu Karang, indah sekali
Setelah berjalan keliling pulau dan makan siang, selanjutnya snorkling. Kali ini benar-benar jauh berbeda dengan di gugusan pulau Mersing. Di Tioman Island, mata benar-benar dimanjakan, terumbu karang dan ikan yang terlihat benar-benar bikin tak bisa berkata-kata. Ikan berwarna-warni, hilir mudik kesana kemari, menemani kita berenang, Anda benar-benar akan dimanjakan. Buat yang sering meremehkan pariwisata negara Malaysia, coba kunjungin Tioman. Tapi Tioman Island tidak ada apa-apanya dibandingkan Sipadan Island di Tawau, yang di-claim oleh pemerintah Malaysia, tapi saya lebih setuju mereka yang mengelolanya, sampai sekarang memang sangat terawat dan stunning! Dengan resort-resort mewah disana, tak salah Sipadan di-claim menjadi best diving spot.

Balik lagi ke Tioman Island, pengalaman snorkling ditemanin dengan ikan yang berjumlah banyak dan sangat bersahabat membuat tak bisa terlupakan. Kamera tak henti-hentinya menjepret moment di bawah laut, tak henti-hentinya ikan-ikan menghampiri, Dee sampai susah untuk menghindari dari ikan-ikan tersebut. Hehhee.. Luar biasa.. 


























Narcist

Setelah island hoping, selanjutnya kembali mengelilingi pulau dan menikmati sunset. Pengalaman yang ruar biasa. Setelah itu dilanjutkan dengan dinner di restoran lokal yang menyajikan ikan panggang yang lumayan segar, dengan harga yah cukup murah juga untuk  ukuran sekelas restaurant. Beach + beer + snack = Party till drop! Woooohoooo!





Keesokan harinya, saatnya meninggalkan Tioman dengan speed boat dan tiba di Mersing dalam waktu 1.5 jam, dilanjutkan dengan jalan darat dari Mersing ke Johor Baru di City Square Mall selama dua jam. Akhirnya nyebrang lagi ke Singapore dengan bus Causeway dengan tarif SGD 1, tapi inget, kudu lewatin imigrasi juga. Tiba di Woodlands Station naik bus lagi ke Kranji Station, dari situ tinggal lanjutin MRT/bus deh ke destination berikutnya di Singapore.. Kalo ada yang ingin ditanyakan langsung hubungi Dee aja yaah.. Selamat liburan!

No comments: