Monday, August 8, 2011

Berbagi Rejeki Di Bulan Ramadhan



Bulan Ramadhan bulan penuh berkah. Semua orang bersuka cita menyambut bulan Ramadhan ini. Bulan puasa, menahan hawa nafsu, segala macam keinginan. Di tengah masyarakat yang heterogen, puasa disambut semua orang dari latar belakang agama yang berbeda. Toleransi antarumat beragama sangat diutamakan disini. Mal-mal selalu ramai di jam berbuka puasa. Banyak yang berbondong-bondong mulai mencari SALE yang menggiurkan untuk baju baru di Idul Fitri nanti.. Wait..

Baju baru? Idul Fitri?

Terbersit di pikira, bagaimana nasibnya anak jalanan? Apa mereka dapat merasakan hal yang sama? Dee memiliki ide untuk membantu anak-anak jalanan di Idul Fitri ini. Disini kita berbagi. Setiap orang, membawa satu anak jalanan untuk kita make-over dan belikan baju baru untuk menyambut lebaran ini. Satu langkah tak berarti, tapi setidaknya bisa membantu mereka. Memberi mereka kebahagiaan di hari yang fitri.

Namun, apa ada yang berminat untuk melakukan hal ini bersama? Saya sendiri mungkin hanya bisa membawa satu anak. Namun, saya sudah punya rencana liburan Ramadhan?! Tapi bila ada minimal 10 orang yang berminat untuk melakukan hal yang sama, Dee akan cancel rencana liburan ke Dieng. Yah, mari kita berbuat lebih untuk anak jalanan. *Ingat syarat 10orang ini harus terpenuhi sebelum saya membatalkan rencana liburan yang telah saya susun dari 2bulan lalu, saya rasa cukup setimpal.

Planning yang saya susun untuk acaranya :
- Kita survey dahulu, seorang anak jalanan (umur 6-12tahun) yang akan kita bantu (masing-masing satu anak), setelah itu minta izin orang tua-nya atau siapapun walinya bahwa anak tersebut di tanggal 29 Agustus nanti akan kita 'pinjam' untuk kita make-over.

-Bila mendapat izin kita tunggu hari-H tanggal 29 Agustus, bila tidak silahken mencari anak yang lain.

- Di hari-H tanggal 29 Agustus (alasan pemilihan tanggal 29 ini dikarenakan inilah malam takbiran yang biasanya dikampung saya disambut dengan meriah oleh anak-anak. Malam merayakan kemenangan setelah berpuasa di bulan Ramadhan), kita ajak anak tersebut untuk bersih-bersih diri sebelum kita bawa 'make-over'.

- Dalam group kita bawa anak tersebut untuk berbelanja kebutuhan Idul Fitri mereka (Baju Kokoh, Peci, sarung, sajadah, kerudung, dll), kita dandani mereka dengan baju-baju baru yang mereka pilih (belum diputuskan mau di mall atau di pasar, tergantung voting responden nantinya)

- Setelah mendapatkan lengkap apa yang mereka dapatkan, disini saya masih ada 2option, kita kembalikan langsung ke orang tua mereka dan buka bersama di kolong jembatan bersama mereka atau kita kerjasama dengan salah satu masjid, minta izin anak-anak tersebut bisa merayakan malam takbiran di masjid tersebut. Untuk option yang kedua, kita mungkin membutuhkan >10 anak biar lebih meriah nantinya. Iya, saya berbeda agamanya, tapi saya ingin anak-anak jalanan itu bisa merasakan malam takbiran mereka.

Kira-kira begitu rencana awal dari Dee, bila ada yang menambahkan, Dee open banget, kalo ada saran silahkan juga. Bila ada yang berminat silahkan hubungi Dee, di 081908439678. Atau langsung comment disini.

Regards,
Dee



*NOTE
Bila sebelum tanggal 14 Agustus ada 10orang yang mau ikutan, saya cancel liburan

No comments: