Saturday, December 17, 2011

Tips Packing

Sebagai peng-hobby travelling, packing adalah kegiatan lumrah yang harus/wajib dilakukan sebelum bepergian. Travel ala backpacker/flashpacker ataupun tulis packing tidak dapat dipisahkan sebagai kegiatan awal untuk bepergian. Travel light merupakan pilihan yang harus dipilih oleh para traveler sehingga tidak ribet membawa barang bawaan selama bepergian. Apalagi untuk para backpacker, kebanyakan membawa barang akan mengurangi kenyamana selama bepergian. Hal ini tidak berlaku untuk Dee, sebagai traveler yang cukup sering backpacker-an, selalu dinilai orang terlalu riwuh membawa barang ini itu, yang mungkin bagi sebagian orang ngapain sih bawa-bawa dari rumah.

Contohnya saat bepergian ke Pulau Pramuka, Dee kebanyakan membawa kaos-kaos dan short pants dan semuanya dipacking dalam plastik. Cewe-cewe pada kaget, serempong itukah kalo mau bepergian, packingnya lebih rapi dibanding mereka. Yah, mau gimana lagi, secara kita naik kapal angkutan umum yang pastinya bisa kecipratan air, jadi packing ke dalam plastik-plastik kecil ini mengurangi resiko kalo sampai air kena backpack, keadaan pakaian dan peralatan lainnya masih dalam kendaraan kering.

Contoh lain bila bepergian berdua dengan teman travelling Dee, selalu backpack Dee lebih gede dibandingkan yang lain. Kenapa? Dee selalu membawa toiletries lengkap dalam kemasan 100ml ataupun kurang dalam toiletries bag 2pcs. Satu untuk perawatan badan satu lagi untuk perawatan kulit, yah maklum harus terus dirawat agar tak makin parah. Jadi biasanya kebanyakan teman, nebeng alias minjem, makanya banyak yang suka travelling bareng. Perlengkapan yang lain yang selalu adalah obat-obatan pribadi, massage oil dan alat refleksi. Obat-obatan selalu di bawa terutama obat alergi, karena Dee adalah orang yang gampang alergi, jadi kalo ada apa-apa udah ada persiapan. Massage oil karena sering banget yang kecapean minta dipijit, dan alat refleksi untuk diri sendiri, soalnya yang lain mijit kagak ada yang enak! Hahaha...

By the way, mau bagi tips untuk packing kalo akan travelling :
  • Carilah backpack/travel bag yang ringan, sudah banyak teknologi yang membuat kita menjadi nyaman untuk mengenakan/membawanya.
  • Carilah backpack/travel bag yang bisa dipakai di segala macam situasi, terutama bila dalam keadaan hujan.
  • Untuk urusan susun menyusun barang, barang yang paling gede, diletakkan paling bawa
  • Jangan terlalu banyak membawa pakaian, Anda akan jalan-jalan, bukan untuk datang ke fashion show. Kenakan saja pakaian yang nyaman untuk berlibur.
  • Bawa pakaian yang tipis-tipis sehingga sangat menghemat tempat, bisa dilipat-lipat atau digulung-gulung.
  • Bawalah perlengkapan yang diperlukan saja, bila ada keinginan untuk membelinya ditempat tujuan, jangan membawa barang yang berfungsi sama.
  • Kurangi membawa/belanja oleh-oleh, karena tidak bisa dipungkiri, itu sangat memakan space ketika travelling.
  • Perlengkapan pribadi yang urgent (contoh : obat-obatan, kosmetik, etc), bawalah dari rumah, Anda tidak inginkan waktu jalan-jalan Anda terbuang hanya untuk mencari perlengkapan Anda, atau teman-teman Anda menjadi bad mood karena rencana berantakan?
  • Bawalah handuk setipis dan sekecil mungkin yang gampang menyerap air dan mudah untuk dikeringkan. Kalo Anda akan tinggal di hotel, ga usah bawa handuk :D
  • Bawa pakaian dalam seperlunya, karena Dee termasuk yang sensitif soal pakaian dalam, Dee selalu membawa lebih dan banyak, dan pastinya celana dalam terbaik. Walaupun kecil kemungkikan orang melihatnya, tapi Anda tidak tahu kan tiba-tiba ada yang ngelirik :p
  • Pastikan tidak ketinggalan barang apapun sebelum Anda berangkat, ga lucu kan kalo udah tiba di bandara/terminal tiket/passport ketinggalan. Bisa hancur berantakan rencana liburan Anda.
  • Dan untuk era teknologi seperti sekarang, jangan lupa bawa colokan, sambungan colokan, converter dan baterai cadangan. Dee yakin liburan kalian akan hampa tanpa kehadiran gadget kesayangan Anda.
  • Dan yang terakhir, jangan lupa bawa kamera! Setiap moment itu sangat berharga untuk dilewatkan.
Setelah semua siap, saatnya untuk jalan-jalan. Siapa saja, kalo ingin travelling bareng-bareng Dee ajak aja yah.. :*

No comments: