Tuesday, July 31, 2012

Dee, July rempong sedunia

31 Juli 2012, penghujung Juli penuh warna, hari rempong sedunia. Ceritanya manager Dee dari minggu lalu ada rencana ngirim Dee buat training di Doha selama 2 minggu, jadi visa-nya udah diurus sejak minggu lalu. Tetapi tiba-tiba hari ini baru dikasih tahu kalo jadwal terbangnya itu hari ini, soalnya training di mulai hari Rabu pagi waktu Doha. OMG! Belom siap-siap, kerjaan masih banyak, bagaimana ini. Visa udah issued, flight langsung di-booking oleh sekretaris direktur, allowance udah diurus, izin sudah diurus dan saatnya transfer knowledge ke kolega, soalnya banyak kerjaan yang harus Dee awasin dan selesaiin sesuai dengan deadline. Benar, ribet dan kerjaan banyak bener.

Ya udah deh, halangan pertama adalah uang allowance dari kantor, harus ditransfer ke rekening kantor, dan Dee belum buka rekening, yaudin deh bikin rekening dulu (kira-kira 30 menit), selanjutnya adalah dana segar kebanyakan di BCA, tapi cuma bisa tarik IDR 5,000,000.- per hari, yang di BNI dana pas-pasan, duit LADY GAGA belum di-refund! SIAL udah 4 bulan gitu! Balikin duit IDR 9,000,000!! Perampok si BigDaddy. Kalo tarik semua, artinya kena biaya rekening BNI bisnis-nya, soalnya ada minimal saldo, yaudin minta ditransfer cici dulu, nanti kalo dah pulang baru diganti. Masalah ini pun beres.

Nah, mau nukar bank note-nya kemana? Dana cash udah di tangan, saatnya jadiin ke USD, mau nukar di money changer, ternyata mereka tidak memiliki bank note sebanyak itu, yang kepikiran adalah Bank Panin, rate bank note terbaik, walaupun rate karyawan di kantor sama saja, tapi malas aja sih balik ke kantor lagi. Yaudah deh, minta bantuan Dendra buat tukar bank note di Panin. Masalah ini pun beres.

Masalah selanjutnya adalah packing, dalam waktu sejam, aku harus packing untuk keperluan business trip 2 minggu, ini pengalaman pertama buat Dee, walaupun mendadak, tapi tetep kudu eksis, alhamdulillah udah beli luggage 4 wheels baru kemaren, kalo ga apa kabar dunia persilatan ini. Packing pun berjalan lancar, dengan asal masukin pakaian kerja, celana kerja, jas, syal. Beberapa short pants, jeans, shirt, kaos, tidak lupa dalaman. Aku senang space lebar begini, apalagi dapat bagasi 32kgs :)) Masalah packing beres tepat pukul 14:00.

Setelah mandi, nunggu taxi, taxi-nya belum nongol juga, padahal udah 14:30, kesasar kayaknya. Yaudin nelpon ke pool-nya lagi, udah sejam yang lalu tuh bapak muter-muter, akhirnya tuh bapak nongol juga pukul 14:45, keluar ke Tanjung Duren, macet banget @_@ 15 menit susah bergerak, nyampe di gerbang tol Pluit 15:10, nyampe di bandara 15:20. Masalah macet pun kelar.

Selanjutnya check-in. Jeng-jeng... Masalah utama pun dimulai, aku belum tukeran nomor telepon dengan kolega, gimana mau menelepon dia? Yaudin deh, pas check-in kasih tahu officer-nya, barengin ama kolega, ternyata dia sudah masuk duluan. Setelah cek dan ricek, tanggal lahir di visa Dee tidak sama dengan di passport! MATEEEEK! *panik

Cepat-cepat telepon ke kantor, kata resepsionis-nya secretary lagi meeting dengan direktur, "MBAK INI PENTING MBAK, TOLONG DISTURB MEETING-nya" *berasa keren banget, ganggu meeting direksi. Mbak-nya pun panik sejadi-jadinya, mungkin dia teriak-teriak kali di ruang meeting. Yaudin, Dee nunggu kabar di counter Qatar Airways. Selanjutnya, boss Dee yang menelepon, suruh tunggu, lagi diurusin, untuk pengubahan dll. Tapi kayaknya tidak bisa, suruh pulang aja. Tunggu sebentar, si sekretaris telpon lagi, sudah tidak bisa diubah, suruh pulang. Ah, ga jadi ke Doha.

Tunggu dulu, masalah belum kelar! Iya rempong banget, sumpah deh.. Udah deh, Pukul 15:50, Dee keluar dari terminal 2D, cari taxi buat pulang kembali karena sudah disuruh pulang. Taxi melaju perlahan, Dee cuma ketawa-ketawa sambil ngobrol-ngobrol ama teman, goblok banget tidak mengecek tanggal. Tiba-tiba bos Dee telpon, disuruh sama direkturnya balik lagi ke airport, bijiiik, gimana muter balik di tol? Emang ada? Buru-buru kasih tau supirnya yang sudah jadi pembalap F1, cari-cari bolongan di jalan tol buat muter balik, alhamdulillah ketemu juga, dengan kecepatan penuh, sang supir membalap ke bandara. Tahu tidak sih, ternyata dia mau ngerampok, minta dibayar IDR 200,000! Ciiiih! Ga mau bayar semahal itu.. Mau ambil, kalo tidak Dee ga bayar sama sekali! Masalah dengan supir pun kelar.

Selanjutnya adalah recheck-in di Qatar Airways, Dee nelpon pak direktur, terus ngomong dengan supervisor Qatar Airways-nya, mereka tidak membolehkan walaupun head immigration Qatar sudah diberitahu dan akan memperbolehkan masuk ke Doha, walaupun dengan tanggal lahir yang salah, soalnya itu bukan data yang mandatory. Tapi, supervisor-nya minta bukti, statement hitam di atas putih. Kemudian, pak direktur kirim email ke Dee, statement dari pihak Qatar. Dee harus nyari tempat buat email + ng-print. By the way, pada tahu ga sih, di terminal international itu cuma ada satu warnet, yang nyediain satu laptop dengan harga IDR 65,000 per 30 menit pertama, dan IDR 35,000 per 15 menit berikutnya! Parah banget sih tarifnya!!! Ah mendingan ngopi di coffee shop, sambil nikmatin wifi gratisan, mumpung bawa laptop. Masalah email kelar.

Selanjutnya adalah ke kantor Qatar Airways, sesampai disana, jeng jeng jeng, cuma ada satu orang petugas, yang lain masih ngurusin flight QAxxx pukul 17:40, flight saya yang seharusnya, Dee disuruh balik lagi setelah buka puasa, kira-kira pukul 19:00. Masih 2 jam lagi dong, yaudin telepon boss kabarin semuanya, telepon cici, telepon bonyok kasih tahu all things, kemudian makan di Old Town Coffee, nikmatin wifi, siapin dokumen segala macam yang dikirimkan oleh pak direktur. Semuanya sudah direkap, biar lebih gampang ditunjukkan ke pihak Qatar Airways.

Pukul 18:40, Dee ke kantor perwakilan Qatar Airways, sudah rame banget, semuanya udah balik dengan seragam pink dan lagi buka puasa. Dee langsung ketemu dengan manager on duty-nya, sebut saja pak Q. Dee jelasin duduk perkaranya, Dee jelasin kalo head of immigration Doha telah memberikan izin untuk masuk, apapun yang bisa meyakinkan mereka untuk meng-allow, walaupun rasanya mustahil tanpa suatu statement tertulis yang ditandatangin. Dan hasilnya, bisa ditebak, mereka tetap tidak memperbolehkan Dee check-in flight 00:10, jadi kesimpulannya adalah Dee balik lagi ke Jakarta! :))

Nyari taxi lagi, 2x bolak balik bandara, nelpon sana-sini kasih tahu kalo tidak jadi berangkat. Bayangin besok gimana dikantor yah? Udah pamitan mau pergi lama, eh muncul lagi :))

Dear readers, selama ini kalo segala macam urusan jalan-jalan diurusin, tidak pernah beres, makanya Dee lebih prefer semuanya urus sendiri, soalnya Dee akan cek dan ricek berkali-kali, kalo diurusin, yah mau terima beres, malas ngecek dan tadi emang mendadak banget + kerjaan masih banyak, jadi yah masa ngurus visa bisa salah input tanggal?! :))

Buat pembelajaran? Belajar belajar ga pernah kapok, itu sih emang DEE BEGO! :))

Btw, buat yang nyepik-nyepik kalo Dee berimajinasi doang, ini tak kasih bukti yah :p

Seharusnya yang dibawah itu tanggal lahir, kayaknya petugasnya siwer gitu, masukin copy paste pake tanggal expire date passport, jadinya yah ga sesuai dengan tanggal lahir sebenarnya



No comments: