Sunday, July 29, 2012

Dee, Bukan Terong Biasa

Masak, hal yang menyenangkan  bagi sebagian orang, tapi menjadi malapetaka bila salah memasukkan bumbu atau tidak sesuai dengan lidah pencicipnya. Sayur, tentu saja bukan menjadi bahan utama untuk makanan yang luar biasa. Daging ayam, ikan, kambing, sapi, babi, udang, kepiting, siput, escargot ataupun sumber protein lain akan selalu menjadi pilihan pertama bahan dasar masakan.

Kali ini Dee akan share resep masakan, bukan dengan daging-dagingan, tetapi dengan bahan utama Terong. Iya terong aka eggplants, pasti tidak pernah terpikirkan untuk menjadi masakan utama yang 'wah'. Atau kebanyakan orang merasa geli untuk makan terong yang benyek dan berminyak. Resep satu ini mungkin akan menjadi pilihan. Bereksperimen dengan terong, tentu saja bukan hal yang tabu, jadi jangan berhenti ber-explorasi dalam masakan.


Bahan :
10 siung bawang putih, haluskan
1/4 buah bawang bombay, haluskan
1 buah jahe (kira-kira 5cm), haluskan
10 buah cabe merah segar, haluskan
2 batang daun bawang, potong kecil
50 gram daun ketumbar (daun sop), potong kecil
200 gram Terong, potong dengan ukuran yang sama
Kecap (shoyu), secukupnya
Minyak Sayur, secukupnya
Garam, secukupnya
Black pepper, secukupnya


Cara membuat :
1. Garami terong yang sudah dipotong, diamkan minimal 30 menit, kandungan air dan getah dari terong akan keluar dengan sendirinya. Setelah juice dan getah dari terong keluar, cuci dengan air hingga bersih, agar terong tidak terlalu asin, tiriskan hingga air tidak bersisa di terong.

2. Panaskan 5 sendok makan minyak sayur di wajan, gunakan api kecil, masukkan bawang putih, bawang bombay, jahe, dan cabe merah segar. Dengan api kecil, masak selama 10-15menit hingga sauce menjadi kental (catatan gunakan api sangat kecil agar bawang putih dan bawang bombay tidak terbakar). Tiriskan.

3. Panaskan 5 sendok makan minyak sayur, goreng terong yang sudah kering dengan api kecil selama 10 menit, balik sesekali biar merata. Setelah terong berwarna coklat keemasan, masukkan daun bawang dan daun ketumbar, masak selama beberapa menit. Campurkan dengan bumbu yang telah dimasak sebelumnya, aduk perlahan. Tambahkan sedikit garam dan black pepper untuk menambah citarasa.

4. Bukan terong biasa siap dihidangkan.

Silahkan mencoba! =3

No comments: