Sunday, March 4, 2012

Dee, Carlsberg's Social Experiment


Melihat iklan ini apa yang Anda pikirkan? Perusahan beverage kalau membuat suatu iklan biasanya memang sangat eye catchy, menarik dan selalu diingat. Selalu ada yang 'wah' di setiap tampilan iklan yang baru. Carlsberg pun tak pernah ketinggalan untuk menayangkan iklan yang menyuguhkan berbagai isu sosial di masyarakat. Stereotype dan mainstream yang berkembang di masyarakat yang cenderung rasis disuguhkan dengan cara yang sangat elegan. Isu rasis merupakan yang paling sensitif dari masa ke masa.

Yah tak bisa dipungkiri, kita akan sulit membaur dengan kelompok yang 'berbeda' dengan kita. Sangat sulit untuk menerima kalau kita hidup dalam keberagaman, dan mau tidak mau, pembauran antar etnis dan ras. Sebagian orang merasa risih untuk bergabung dengan kelompok yang tidak 'sama' dengan mereka.

Buat orang yang telah mengenal Dee, berbaur dengan orang yang berbeda bukanlah suatu hal yang baru. Berbaur dengan orang yang bertampang kriminal mungkin belum pernah dilakukan, ataupun berkumpul dengan komunitas punk. Tapi untuk sebagian warga keturunan Tionghoa, berkumpul dengan orang pribumi saja mereka merasa risih. Hidup di lingkungan yang beragam membuat Dee selalu berteman dengan orang yang berbeda suku, ras dan agama. Saling toleransi merupakan hal yang utama disini.

Beberapa teman Dee, agak susah untuk berbaur dengan orang yang bukan keturunan Tionghoa, atau orang yang berbeda 'status' ekonominya. Biasanya kalo ada event charity atau ngumpul-ngumpul, Dee selalu ngasih tahu dengan siapa akan berkumpul, Dee pernah diprotes/dimarahi karena tidak memberitahu terlebih dahulu. Mereka kecewa karena tidak diberitahu, kalo akan berkumpul dengan yang berbeda status. Mereka tidak nyaman juga menggunakan fasilitas serba kurang yang kita sediakan.

Yah maklumlah mereka belum terbiasa, tapi Dee berusaha untuk mendekatkan mereka. Mengajak mereka untuk lebih berbaur, begini loh kondisi masyarakat, ga hanya orang yang serba cukup saja. Duit sedikit bagi sebagian orang sangat berarti, masih banyak loh yang mau mandi aja susah, mau makan aja susah, masih banyak loh orang yang suka membantu orang lain. Ga hanya orang yang memiliki uang saja, siapapun bisa loh berpartisipasi untuk membantu..

Ga banyak sih yang bisa tertulis disini, Dee cuma mau mengingatkan jangan menjadi orang yang rasis, jangan suka meng-exclusive-kan diri. Kita ini semua sama walaupun dengan status ekonomi berbeda, ga semua orang yang berbeda etnis itu berniat buruk kepada etnis lain. Yah apapun itu, sikap toleransi kita sebaiknya ditingkatkan. 

Bingung? Yah Dee juga bingung nulis ngalur ngidur begini, yang penting, enjoy the video...
Cheeeeerss..............



No comments: