Monday, December 27, 2010

Malaysia, don't hate us!

Malaysia?
Maybe bagi sebagian orang Indonesia kata-kata begitu kata ini terdengar akan memancing emosi. Hujatan, makian tak terbendung ditujukan untuk malaysia

Malingsia
Negara Maling
Malingshit
Dan lain sebagainya

Yah memang benar Malaysia melakukan tindakan tidak terpuji dengan meng-claim kebudayaan dan wilayah Indonesia sebagai daerah mereka. Tindakan itu sangatlah tidak terpuji dan tidak ada yang membenarkan. Ironis memang melakukan tindakan perncurian kebudayaan dan wilayah Indonesia. Belum lagi masalah TKI yang disiksa dan dideportasi karena masuk secara ilegal.

Semua ini makin memuncak pada final piala #AFF Suzuki Cup 2010. Pertandingan yang berlangsung di BukitJalil, Malaysia. Pertandingan berjalan tak imbang dengan Malaysia terus menyerbu daerah pertahanan Indonesia yang terlihat lemah. Tak ada pertahanan rapat. Pemain Malaysia dengan leluasa membawa bola. Tak heran Malaysia bisa menjaringkan 3-0 dibabak kedua tanpa balas. Malaysia terkesan amat rapat mengunci pertahanan. Rapi dalam bertahan maupun menyerang.

Namun, kemenangan ini memang sedikit tercoreng dengan insiden laser hijau yang ditembakkan oleh suporter Malaysia. Laser ini memang sempat memecah konsentrasi pemain Indonesia. Laser ini dijadikan kambing hitam para suporter Indonesia. Hujat-hujatan tak berhenti di twitter.

#MalaysiaCheatLaser
Curang
Hate Malaysia

Yah topik itu menjadi trending topics di twitter. Mengumbar kebencian dimana-mana, mencari kambing hitam, tak bisa menerima kekalahan. Yah mereka anggap itu suatu wujud nasionalisme pada negara. Mereka membenarkan segala cara untuk membenci Malaysia. Tak ada kelihatan pendewasaan suporter yang bisa menerima kekalahan timnas Indonesia. Tak ada dukungan lagi untuk timnas.

Yah timnas Indonesia mungkin siap untuk juara, tapi dengan suporter yang tak terdidik dan dadakan seperti ini, indonesia belum pantas membawa piala #AFF.

No comments: