Saturday, June 12, 2010

Tips Berhemat

Hemat..~! hemat.. kata yang selalu berkumandang di pikiran kita apalagi kalo lagi keuangan seret, tapi apakah kita baru akan berhemat kalo sedang tidak ada uang?
Tentu saja pola pikir seperti itu salah adanya. Kalau udah tidak ada uang yah nyari lagi dong, bukan berhemat solusinya :D
Berhemat hanya bisa kita lakukan bila kita memiliki keuangan lebih dan ingin menyisihkannya untuk digunakan pada waktu tertentu (Misalnya akhir bulan atau saat ingin memberikan hadiah kepada seseorang). Dan berhemat harus dibedakan dengan pelit, orang yang ingin berhemat sangatlah berbeda dengan orang yang pelit. Dan orang yang pelit juga berbeda dengan orang yang licik (Dilain kesempatan saja baru dijelaskan).

Nah untuk berhemat berikut tips-tips by Dee :

- Buatlah daftar barang keinginan Anda, beri skala priority 1-5, 1 untuk yang paling dibutuhkan, 5 untuk yang paling tidak penting untuk saat ini, dan cantumkan budget harga-nya, jangan kasih harga yg fix, tetapi harga perkiraan saja

- Buatlah alur pengeluaran uang tiap bulan, masuk dan keluar, catat segala macam pengeluaran sedetail mungkin (biaya parkir, recehan yg diberikan kepada pengemis, beli tissue, beli permen, pinjemin teman, kehilangan uang ataupun nemu uang) semuanya harus dicatat sedetail mungkin untuk mengurangi gap kehilangan keuangan anda.

- Tulis wish yang ingin anda capai atau inginkan di buku pengeluaran tersebut! Sehingga Anda akan selalu melihat dan mengingat apa yang Anda ingin dapatkan! Dan ingat catat dengan rapi sehingga Anda menjadi nyaman melihat dan semangat untuk menulis setiap harinya.

- Belanjalah di awal bulan, tapi bukan dengan uang anda dibulan itu, tapi uang di bulan sebelumnya! Usahakan Anda berbelanja setelah mendapatkan surplus dibulan sebelumnya, jangan ambil resiko keuangan Anda defisiti di akhir bulan. So, tahan nafsu belanja Anda hingga tercapai surplus dan dapat dilakukan pembelanjaan yang sebenarnya tidak begitu penting tetapi Anda inginkan. Namun, untuk hal yang urgeng bijaksanalah berbelanja di awal bulan.

- Usahakan surplus di bulan sebelumnya digunakan sebagai reward Anda telah berhemat dibulan berikutnya. Saatnya Anda memuaskan keinginan Anda untuk berbelanja.

- Kalender keuangan Anda tanpa tanggal kritis! Sehingga Anda tidak akan stress menjalani penghematan ini, segalanya berjalan dengan lancar. Hindari belanja banyak di awal bulan namun berhemat di akhir bulan. Anda akan sangat tertekan menjalaninya. Tingkat stress akan meningkat.

- Sisakan uang anda tiap bulan untuk hal-hal yang mendadak seperti ke dokter (biaya dokter sangatlah mahal, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta), ini sangat gawat bila anda tidak memiliki dana cadangan.

- Setelah melakukan penghematan dan belanja seperlunya, berilah reward kepada diri Anda! Planning refreshing yang akan menyenangkan untuk Anda, travel ke luar kota ataupun keluar negri untuk melepas segala kejenuhan Anda.

So, masih pusing melakukan penghematan? Lebih bijaklah menyikapi hidup ini yang semakin berat dan semakin ruwet. Selamat berhemat ala Dee.

Terima Kasih ^^

No comments: